Saturday, June 4, 2016

[My Wedding Preparation] Survei Chikal Primarasa Catering & Wedding Organizer (Part 1)

Aaaa~
Akhirnya setelah mengumpulkan niat untuk menulis Wedding Preparation ini, saya publish juga yaa~

Setelah perjalanan mencari gedung yang lumayan menyita waktu dan tenaga, saya fokus untuk survei wedding vendor. Berbeda dengan saat mencari gedung, pencarian wedding vendor ini sangatlah mulus dan tidak banyak pilih-pilih. Pilihan saya adalah Chikal Primarasa Catering & Wedding Organizer.



Langkah awal pencarian wedding vendor saya lakukan dengan browsing di internet tentang vendor-vendor pernikahan yang recommended, tetapi masuk ke dalam budget pernikahan saya dan cami. Beberapa nama-nama vendor pernikahan pun langsung bisa saya catat. Berhubung saya dan cami memilih untuk menggunakan paket all in one (bisa dicek mengapa saya dan cami memilih paket all in one di sini), saya kunjungi website, blog, ataupun facebook wending vendors untuk melihat-lihat contoh dekorasi, busana, pilihan menu katering, hingga price list

Setelah membaca review dan melihat langsung di galeri website, saya langsung suka dengan Chikal Primarasa. Langkah selanjutnya, saya menghubungi Chikal via email untuk meminta pricelist tamu undangan 800 orang (400 undangan). Berdasarkan review yang saya baca, Chikal itu slow response kalau lewat email, email hari apa dibalasnya kapan tau. Eh ternyata, email saya langsung di balas esok harinya. Alhamdulillah ya Chikal ada peningkatan.

Jangan lupa menyebutkan jumlah tamu undangan (berapa orang), tanggal pernikahan, dan tempat pernikahan ya untuk mendapatkan pricelist. Oiya, waktu itu saya minta pricelist tapi saya belum mencantumkan nama gedung resepsi, sehingga saya diberikan harga bersih, belum termasuk charge katering yang akan dikenakan oleh gedung. Untuk konten paket pernikahan, bisa dilihat di blog Chikal. Kurang lebih kontennya sama antara yang tertera di blog, dengan balasan lewat email Chikal.

Berhubung saya sudah sreg dengan Chikal dari sebelum saya mendapatkan gedung, saya kembali meng-email Chikal, meminta list semua gedung rekanan Chikal. Lagi-lagi fast response. Setelah dapat list gedungnya, barulah saya mulai pencarian gedung, daaan akhirnya final di Gedung Graha Marinir, Kwitang, yang juga rekanan Chikal.

Setelah fix gedungnya, saya dan cami memutuskan untuk survei ke kantor Chikal di Setu, Cipayung. Kami ke sana saat weekday karena ketika weekend Chikal tutup (karena semua pegawainya ikut turun ke lapangan). Namun, kalau tanggal merah (bukan pas Sabtu/Minggu, Chikal buka kok.

Mama sedang asik ngeteh dan icip-icip jajanan di Chikal


Sesampainya kami di sana, Sembari menunggu mas-mas marketingnya yang masih sibuk melayani tamu-tamu, kami menikmati snack-snack dan minuman yang disediakan oleh Chikal. Asiiiiik! Tidak lama, kami lalu dapat giliran menemui mas-mas marketingnya. Kami tanya-tanya mengenai harga dan juga kami dikasih lihat contoh-contoh dekorasi Chikal. 

Setelah dirasa cukup, mas-mas marketing lalu mencetak proposal kami di kertas A4. Ketika kami lihat, wawww.....harganya naik 5 juta rupiah dari harga yang diberikan ke kami melalui email. Mengapa? Karena di harga yang tertera di proposal saat ini, sudah termasuk charge katering yang dikenakan oleh Gedung Graha Marinir, yaitu sebesar 15% dari harga katering, ekuivalen dengan 5 juta rupiah.

Selesai dari mas marketing, kami pindah ke mbak-mbak bagian busana dan rias untuk melihat-lihat busananya. Untuk rias pengantin, saya fix tidak pakai jasa Chikal, tetapi memakai jasa bridal make-up terpisah. Namun untuk rias orang tua, among, dan penerima tamu, tetap pakai Chikal kok. Mbak-mbak busananya menyarankan agar kami melihat koleksi busana Chikal melalui foto di galeri komputer mereka. Setelah ketemu beberapa baju yang ingin dilihat, baru lah kami diajak ke ruang penyimpanan bajunya untuk melihat bentuk fisik dari baju yang kami mau.

Kalau kita ingin melepas sesuatu yang sudah termasuk paketan Chikal, saran saya sih jangan minta dikurangi harga, karena kita cuman dapat sedikit. Namun, cobalah minta tukar dengan sesuatu. Misalnya, saya tidak memakai jasa rias akad dan resepsi dari Chikal, tapi sebagai gantinya saya minta tukar dengan busana akad pria dan wanita (busana akad tidak termasuk di dalam paket yang saya ambil, jadi harus sewa sendiri).

Setelah selesai, kami pulang.

Survei kedua, saya lakukan bersama mama dan bapak ibu camer. Kami ke sana saat tanggal merah, weekday. Saat survei pertama, kami sudah diberitahu oleh mas marketing bahwa kalau tanggal merah, amat sangat disarankan untuk datang pagi-pagi, jangan sore-sore karena tamunya akan banyak sekali, dan ngantriii. Jadinya kami datang jam 11 pagi, itu pun sudah mulai ramai. Berbeda dengan survei yang pertama, di survei kami yang kedua ini disuguhi pula beberapa menu makanan, jadi kami bisa sekalian testfood beberapa jenis menu.

Survei kedua ini, kami menentukan nuansa dekorasi dan juga baju orang tua pengantin, among tamu, dan penerima tamu, yang memang sudah termasuk dalam paket. Mama plus bapak ibu camer pun fitting sekalian. Fitting terakhir kami putuskan dilakukan satu bulan sebelum hari H, mengingat ada kemungkinan berat badan akan bertambah saat lebaran. Hehehe. Untuk penerima tamu dan among tamu sebenarnya tidak ikut fitting pun tidak apa, yang terpenting ukuran bajunya dicatat.

Baju seragam mama dan bu camer

Baju seragam bapak camer

Baju seragam penerima tamu


Untuk dekorasi kami tidak request ini itu. Kami hanya memilih dekor yang kami mau melalui foto-foto Chikal, dan tinggal diganti warna-warnanya saja. Tidak ada yang customized. Begitu pula busana. Kami pilih dari yang Chikal punya saja. Kalau ingin memesan kebaya baru, dikenakan biaya kurang lebih sekitar 2,5 juta--3 juta rupiah untuk baju pengantin perempuan, dan 1,5 juta--2 juta rupiah untuk pengantin laki-laki. Sesudah itu pun bajunya bukan buat kita, tapi buat Chikal.

Setelah survei, kami meminta jadwal testfood untuk pekan depannya. Testfood yang kami datangi itu di Taman Anggrek Indonesia Permai (TAIP) dan Sasono Utomo, TMII. Dari menu pondokan, yang saya cicipi itu:
  • Sate ayam: enak banget! Udah gitu dagingnya gede-gede lagi!
  • Soto ayam: agak hambar
  • Soto betawi: enak
  • Siomay: standar
  • Bakwan malang: enak
  • Dimsum: enak banget!
  • Pempek: enak banget!
  • Soto tangkar: enak, tapi kurang pas kalau dijadikan makanan akad karena ada santannya.
  • Singkong Thailand: OMG ini enak banget!
Untuk menu buffe utamanya yang sudah saya cicipi antara lain:
  • Sop telor puyuh: enak
  • Cap cay: kurang enak, hambar
  • Cah sapo tahu: enak
  • Cah ayam jamur: enak
  • Ayam rica-rica: standar
  • Ayam kodok: enak banget
  • Daging empal balado: enak banget
  • Ikan dabu-dabu: enak banget
  • Ikan kakap asam manis: standar
  • Ayam madu: enak banget!!!

Yap, itulah pengalaman saya dalam melakukan survei Chikal. Saya masih mau testfood lagi karena saya belum dapat menu ayam yang enak. Kalau ada tambahan, nanti saya update.

Next post, saya akan share tentang make-up artist pilihan saya, yang saya percayakan untuk mempercantik saya di hari spesial~

Yeay, part II-nya sudah update loh, bisa klik di sini yaaa..


Para capeng sekalian bisa mengunjungi halaman "Wedding Preparation Navigaton" yang berisikan link-link terkait postingan saya tentang semua hal untuk mempersiapkan nikah supaya tidak tersesat di blog ini.

Thanks for reading..









53 comments:

  1. Replies
    1. iya, cuma lepas make up pengantin saja.
      Terima kasih sudah mampir OWMO..

      Delete
  2. mba, kalao ambil full paket, itu dapet gak subsidi gedung dari chikalnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak kak, aku ga ada subsidi gedung dari Chikal dan bayar gedungnya pun ga lewat Chikal tapi langsung ke PJ gedungnya. Terima kasih.. :)

      Delete
  3. Dear mba memi.. punya list gedung yg rekanan dgn chikal ga mb? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Kak Ratna... Ada kok.. Kamu ada email? Aku kirim lewat email nanti..

      Btw, makasih ya udah mampirr.. hehehe

      Delete
    2. Hai mbak, boleh kah minta list gedung rekanan chikal? Ke : yusnitajamilatul@gmail.com
      Trmksh :)

      Delete
  4. Mbak memii.. Boleh minta dftr rekanan gedung dan price list chikall?
    Hehe ke taricoldplay@gmail.con
    Terima kasih ya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya kirim ya Kak Tari. Silakan dicek emailnya. Thanks ya sudah mampir ke sini. Semoga lancar persiapannya. :)

      Delete
  5. Mbak memii.. Boleh minta dftr rekanan gedung dan price list chikall?
    Hehe ke taricoldplay@gmail.con
    Terima kasih ya mbak :D

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Mbak memi, boleh minta dikirimkan pricelist yg sama dengan mba. Perkiraan saya juga undang 400 orang dan daftar rekanan chikalnya. Email ke schatzy_eiyqa@yahoo.co.id
    Terima kasih mba memi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya kirim ya Kak Achika. Silakan dicek emailnya. Thanks ya sudah mampir ke sini. Semoga lancar persiapannya. :)

      Delete
  8. Mba aku minta PL chikalnya yahh novaliadwi17@gmail.com
    trims mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya kirim ya Kak Novalia. Silakan dicek emailnya. Thanks ya sudah mampir ke sini. Semoga lancar persiapannya. :)

      Delete
  9. Halo ka Salsa aku mau tanya dong untuk 400undangan makanannya melimpah gak? Hehe aku juga pake chikal 400 undangan jugaaa makasih yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak Dinda. Waduh saya susah nih jawabnya, hehehe. Bergantung jumlah undangan kakak juga sih. Aku kemarin pakai 800 porsi makanan untuk 400 undangan. Tapi akhirnya aku pakai undangannya hanya 350 undangan saja (700 porsi) dengan asumsi 100 porsi untuk cadangan kalau ada tamu yang bawa anak atau sodara atau cucu atau pembantu.

      Alhamdulillah makanannya nggak habis banget, dan sisanya lumayan lah bisa buat dibagi-bagiin ke tetangga.


      Terima kasih ya udah mampir ke sini.
      Semoga acaranya lancar ya kak.. :)

      Delete
  10. Halo mba, aku bolrh minta pricelistnya chikal ga? Tolong krim ke arumagestia@gmail.com terima kasih mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya kirim ya Kak Arum. Silakan dicek emailnya. Thanks ya sudah mampir ke sini. Semoga lancar persiapannya. :)

      Delete
  11. Halo mba, aku bolrh minta pricelistnya chikal ga? Tolong krim ke arumagestia@gmail.com terima kasih mba :)

    ReplyDelete
  12. Hi mba memi, boleh minta pricelist dan venue rekanan chikal catering? Klo boleh kirim ke widy.triana@yahoo.com
    Makasi..

    ReplyDelete
  13. Hallo mba, blh minta pricelist dan gedung rekanan chikal? Tlg kirim ke alica.maha@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
  14. halo mba,boleh minta PL dan daftar gedung rekanan Chikal? kalo boleh kirim ke begina.peranginangin@gmail.com terima kasih.

    ReplyDelete
  15. Hai kak Memi! aku juga mau pricelist dan gedung rekanan Chikal dong kak hehehe ke sndprhst@gmail.com terimakasih ;)

    ReplyDelete
  16. Hai kak Memi! aku juga mau pricelist dan gedung rekanan Chikal dong kak hehehe ke sndprhst@gmail.com terimakasih ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Sndprhst, sudah saya kirim emailnya yaa..

      Delete
  17. Hai mba, boleh di pricelist juga sekaligus gedung rekanan email ke aderizkyamalia@yahoo.co.id makasih ya mba

    ReplyDelete
  18. Ka memi aq boleh minta list gedung yg rekanan sama chikal dan price list.nya untuk kira 400 undangan..untuk emailnya sisthana_sistha@yahoo.com

    Terima kasih ka sbelum.nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello kak Isna, aku udah kirim yaaaa.. Terima kasih udah mampir ke blog aku..

      Delete
  19. Halo kak Memi, salam kenal.. Boleh minta pricelist & list gedung rekanan Chikal? Kalau boleh tolong kirim ke riri.octaviana@yahoo.com ya kak. Terima kasih banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello kak Riri, aku udah kirim yaaaa.. Terima kasih udah mampir ke blog aku..

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Salam kenal kak Memi... interested bgt baca blog kakak. Sangat bermanfaat... kak boleh minta price list dan kontak Chikal ke alamat email saya ? diniatidiniati@gmail.com
    Terima kasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kak Diniati. Ehehehe.. Terima kasih loh.. Alhamdulillah kl bermanfaat.. Semoga bisa membantu.. :) aku udah kirim yaaa.. terima kasih udah mampir ke blog aku..

      Delete
  22. Hai Mba Memi, salam kenal. Boleh minta PL Chikal? Kirim ke iiann.anggrainii@gmail.com ya.. Makasih Mba Memi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello kak Dian, salam kenal.. aku udah kirim yaaaa.. Terima kasih udah mampir ke blog aku..

      Delete
  23. Hai mba, aku juga boleh yaa minta pricelist sekaligus gedung rekanan email ke delynmustika@yahoo.co.id
    makasih ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello kak Delyn, aku udah kirim yaaaa.. Terima kasih udah mampir ke blog aku..

      Delete
  24. Halo mba, aku dita. Aku Memang lg penasaran bgt sm chikal dan mau tnya utk charge cateringnya. Utk charge catering dr gedung 15% itu persentase nya trgantung dr masing2 gedungnya ya? Apa semua gedung pasti dikenakan charge catering sebesar 15%? Trims mba sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Dita, Untuk charge cateringnya itu tergantung masing-masing gedung. Jadi yang menentukan besarnya persenan charge itu adalah pihak gedung. Biasanya mereka menentukan charge untuk catering rekanan dan catering bukan rekanan.

      memang sih sebenarnya itu charge bukan buat kita, tapi buat pihak catering. Tapi ujung-ujungnya mah kita juga yang bayar karena harga cateringnya akan ditambahkan sebesar charge-nya itu.

      Delete
  25. Hai mba Dian, salam kenal.. nama aku devy, aku lagi mau cari info2 catering, dll untuk persiapan wedding. Boleh aku minta PL nua mba dian sama chikal, rencananya tamu aku 800 org (400 undangan).. PL nya boleh dikirim ke email : devy.marshalina90@gmail.com

    Terimakasih byk ya mba :)

    ReplyDelete
  26. Hai mbak, boleh minta list rekanan chikal mbak? Kirim email ke dita.permana2010@gmail.com

    Terimakasih

    ReplyDelete
  27. Halo mbak memi, boleh minta pricelist dan gedung rekanan chikal mbak? Boleh dikirim ke ika.dwi.n@gmail.com

    Makasih mbak :)

    ReplyDelete
  28. Halo mba.. Boleh minta pricelist dan rekanan chikal ke email ayudwnt@gmail.com
    Makasih sebelumnya 😊

    ReplyDelete
  29. hi mbaa.. thanks infonya sungguh membantu loh.. buat bridezilla lainnya yang mau berbagi please check my blog yaa at pecinta kopi sachet.. kebetulan aku juga bridezilla nih.. pakai chikal juga.. ^^ see u there

    ReplyDelete
  30. Buat temen2 calon pengantin se Indonesia raya..yukkk ahhh jangan pake ragu buka web QQ Wedding..krn banyak BONUS menarik menanti kamu lhooo

    Karena cuma di QQ WEDDING yg bisa menyesuaikan dengan budget kalian lho dear..
    Mengemas hari bahagia kalian menjadi lebih istimewa adalah impian kami..

    Hayooo yang mau hari istimewanya di bikin lebih cantik dan berkesan, gak usah pake ragu lagi..

    hub kami segera sms/tlpn/WA di 0812-9835-0666 CP: Kiki

    Untuk melihat detail paket dan promo lainnya silahkan kunjungi

    www.qq-wedding.com

    Tx dear...

    ReplyDelete
  31. Halo mbak, apa saya boleh minta PL dan rekanan gedung chikal? InsyaAllah saya mau pakai cikal. Ini email saya ginawidyia30@yahoo.com

    ReplyDelete
  32. Hallo mba.. Terimakasih buat sharingnya. Sangat membantuu.. Ohiya mba, saya boleh minta list gedung rekanan nya ? Terimakasih sebelumnya mba

    Email : metiindriani99@gmail.com

    ReplyDelete