Sunday, August 2, 2015

Bandung Trip I: Bandung Utara (Dusun Bambu)


Sudah dua tahun saya kuliah di salah satu PTN di Bandung, tapi belom sempet kemana-mana. Akhirnya tanggal 14 Mei 2015 kemarin dapet kunjungan 2 sahabat dari Jakarta yang katanya mau jalan-jalan di Bandung. Selaku tuan rumah, saya mesti cari-cari nih tempat wisata yang menarik, dan bisa diakses dengan kendaraan umum. Maklum, kami nggak ada yang bisa nyetir mobil dan dari dulu memang sudah biasa ngangkot.

Tamu dari Jakarta ini baru sampai Bandung (Baltos) jam 10.30. Kesiangan ini sih. Tadinya saya mau ajak mereka ke Dusun Bambu, tapi kalau siang begini yaaa gimana yaah. Yasudah, setelah berdiskusi, yang ujung-ujungnya saya yang memutuskan juga, kami tetap pergi ke Dusun Bambu.



Dari Baltos (Balubur Town Square), kami naik angkot Cicaheum-Ledeng, sampai ke Terminal Ledeng. Setelah itu, jalan kaki ke arah belokan Cimahi atau Parongpong. Tak jauh dari situ, ada semacam pangkalan angkot. Angkot yang kami naiki adalah angkot berwarna putih jurusan Parongpong, destinasi terakhir: Terminal Parongpong. Ini angkot lama banget ngetem-nya. Bener-bener nunggu penuh dulu baru jalan. Sesampainya di Terminal Parongpong, kami tanya-tanya, ada nggak ya angkot ke Dusun Bambu? Ada ternyata. Alhamdulillah. Tapiiiii, angkotnya nggak sampai depan Dusun Bambunya ternyata. Harus jalan kaki dulu sekitar 500m. Berhubung takut kesiangan, akhirnya kami memutuskan naik ojek aja. Di dekat terminal ada pangkalan ojek. Tarif yang ditawarkan sama abang ojeknya Rp. 15.000,- untuk sekali jalan. Berhubung target kami bakal pulang sore, dan pengalaman saya dulu main-main ke tempat adiknya temen saya yang lagi koas di Kavaleri Parongpong, jam 5 sore itu, angkot Parongpong--Ledeng sudah nggak ada. Jadi, saya minta nomor hp abang ojeknya supaya menjemput di Dusun Bambu dan minta diantar ke terminal Parongpong.


Kami beli tiket dulu, per orang dewasa dan anak di atas usia 3 tahun dikenakan biaya Rp. 10.000,- lalu kendaraan juga dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000,- (motor), Rp. 15.000,- (mobil), dan Rp. 25.000,- (mini bus dan bus). Lalu naik bus wara-wiri sampai ke gerbang Dusun Bambu (well, ga ada gerbangnya sih..).

"Yessss, alhamdulillah. Sampai juga di Dusun Bambu."

Sebenernya tujuan ke sini juga pengen hunting foto, eh karena long weekend nih, banyak orang pada dateng ke Dusun Bambu. Lumayan penuh, apalagi di jembatan sangkarnya itu. Penuh. Kalau mau makan di dalam sangkar aja antriannyaaaaa.. hmmm..

Di sini sejuk banget, banyak pepohonan dan bunga-bunga. Oiya, dari sini kita bisa melihat gunung Burangrang, lho! Seru-seruuu. Ada danaunya juga. Di tepi danau ada gazebo untuk makan gitu, trus kita juga bisa naik perahu ngelilingi danau dengan biaya Rp. 10.000,- per orang.




Ini berasa lagi di sungai Kapuas atau semacamnya yang di pedalaman gitu.. hehehe..




Selain ada danau, ada juga terasering sawah yang bagus banget. Jalanannya dikasih anyaman bambu biar nggak licin. Da aku mah udah berganti-ganti pose pas di foto tapi si Abuwang mah tiis wae.

Kalau capek jalan-jalan, tinggal nangkring di Kafe Burangrang atau foodcourtnya. Selain itu juga ada tenda-tenda yang berisi mainan-mainan atau wahana-wahana, misalnya panahan, taman kura-kura, dna masih banyak lainnya.



Sebelum pulang sempetin mampir ke taman bunga. Banyak bunga Asteriaceae di sini. Kami jadi foto-foto sweet gituuuuh.


Daaaaan, sayounaraaaa Dusun Bambuuuu. Nah, jangan lupa pas pulang melewati tugu bambu (ah, akhirnya kepikiran sebutan yang bagus..), potongan tiket kalian bisa dituker untuk  dapet minum.. :)

Abang ojek udah dipanggil, dan kita pulaaang. Berhubung udah sore banget, jam 17.30an. Abang ojeknya bilang kalau angkot Parongpong--Ledeng sudah nggak ada. Oke lah, terpaksa ini naik ojek ke Ledeng. Dingin banget parah naik ojek maghrib-maghrib turun dari Parongpong.

Anyway, sesampainya di Ledeng, kami menuju Dago untuk cari penginapan. Jangan ditiru ya, kawan. Seharusnya sebelum kita berangkat, kita sudah memesan penginapan, apalagi long weekend begini. Saya sih pulangnya ke kosan, tapi tetap menemani 2 sahabat saya ini buat cari penginapan.

Photo by: Adhit and Reza





No comments:

Post a Comment